Bab3
Perangkat Lunak Yang Berhubungan Dengan Aplikasi
Peta Pro l Wisata berbasis Multimedia
3.1 Pengertian
Multimedia
Secara umum de nisi multimedia
adalah penggabungan berbagai informasi dengan menggunakan fasilitas dari
komputer dalam bentuk teks, audio, animasi dan video. Multimedia yang berasal
dari kata multi yang berarti lebih dari satu dan media dapat diartikan
penyajian suatu tempat.
Beberapa de nisi menurut para
ahli:
1. Multimedia
adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996).
2. Multimedia
adalah gabungan dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks(McComick, 1996).
3. Multimedia
adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atauoutput, media ini
dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, gra k, dan gambar
(Turban dan kawan-kawan, 2002).
4.
Multimedia adalah alat yang dapat menciptakan
presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, gra k,
animasi, audio, dan video (Robin dan Linda, 2001). 5. Multimedia dalam konteks
komputer menurut Hofstetter 2002 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan
menggabungkan teks, gra k, audio, video, dengan menggunakan tool
17
yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan
berkomunikasi. Kelebihan multimedia adalah menarik indera dan minat, karena
multimedia merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan. Menurut
Lembaga Riset dan Penerbitan Komputer yaitu Computer Technology Research (CTR)
bahwa orang hanya mampu mengingat 20% dari yang dilihat dan 30% dari yang
didengar. Tetapi orang dapat mengingat 50% dari apa yang dilihat dan didengar
dan hanya 30% dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus. Maka
multimedia sangatlah efektif untuk menjadi sarana pengajaran dan periklanan.
Sebagai sarana periklanan multimedia merupakan sarana yang cocok dan unik
karena mengandung elemen penglihatan, video dan suara yang dapat dikombinasikan
dengan strategi kreatif untuk menghasilkan daya tarik dan eksekusi iklan.
3.2 Teks
Tampilan dalam bentuk teks atau
yang lebih dikenal dengan istilah tipogra merupakan elemen yang cukup penting
dalam pembuatan multimedia. Sebagian besar multimedia menggunakan teks karena
teks sangat efektif untuk menyampaikan ide dan panduan kepada pengguna. Teksa
merupakan bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikenal, serta
le teks mempunyai struktur yang sederhana. Teks biasanya mengacu pada kata,
kalimat, alinea, dan segala sesuatu yang tertulis atau ditayangkan. Beberapa
hal yang perlu diperhatikan mengenai penggunaan teks dalam suatu aplikasi
multimedia adalah :
1.
Huruf (font) harus sesuai dengan tema aplikasi
multimedia yang dibuat.
2.
Pastikan huruf yang dipakai tersedia di sistem komputer
lain.
3.
Pemilihan bentuk dan warna yang sesuai dengan tema
aplikasi mutimedia.
4.
Pastikan teks tersebut terbaca.
5.
Usahakan ringkas tapi padat.
3.3 Gambar (Gra
k)
Gambar merupakan sarana
pembentukan informasi yang lebih mudah dipahami. Gambar juga merupakan salah
satu komponen penting dalam mutimedia karena dapat meringkas dan menyajikan
data kompleks serta mampu menyampaikan banyak kata. Gambar dalam publikasi
multimedia lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan
dengan teks, sebab manusia selalu berorientasi terhadap visual. Macam-macam
format gambar yaitu :
a)
Joint Photographic Expert Group (*.JPEG/*.JPG) Format
JPG me-rupakan format yang paling terkenal sekarang ini. Hal ini karena
sifatnya yang berukuran kecil (hanya puluhan/ ratusan Kb saja), dan bersifat
portabel. File ini sering digunakan pada bidang fotogra untuk menyimpan le
foto. File ini bisa digunakan di web (internet ).
b)
Graphics Interchange Format (*.GIF) Format GIF ini
berukuran kecildan mendukung gambar yang terdiri dari banyak frame sehingga
bisa disebut gambar animasi (gambar bergerak). Format ini sering sekali
digunakan di internet untuk menampilkan gambargambar di web.
c)
Portable Network Graphics (*.PNG) Format yang standar
dan seringdigunakan di internet untuk menampilkan gambar atau pengiriman
gambar. Ukuran le ini cukup kecil dan setara dengan ukuran gif dengan kualitas
yang bagus. Namun tidak mendukung animasi (gambar bergerak).
3.4 Suara
(Audio)
Tekhnologi audio juga berperan
penting dalam penyampaian informasi, tanpa adanya audio dalam sebuah multimedia
maka hasilnya kurang lengkap. Suara atau audio di dalam multimedia biasanya
berupa suara musik, suara dari voice record dan efek-efek suara lain. Beberapa
format yang digunakan dalam multimedia yaitu :
a)
MP3 (MPEG Audio Player 3), yaitu le audio yang
menggunkan suatu
codec untuk melakukan encoding
dan decoding suatu rekaman musik.
b)
DAT (Digital Audio Tape) yaitu format le yang
menggunakann head berputar.
c)
WAV (Wafeform Audio) yaitu format le audio berbentuk digital.
3.5 Video
Video adalah teknologi untuk
menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar
bergerak. Biasanya menggunakan lm seluloid, sinyal elektronik, atau media
digital. Pembuatan video dalam tampilan multimedia bertujuan untuk membuat
tampilan yang dihasilkan lebih menarik. Beberapa format le video antara lain :
a)
Audio Video Interleave (AVI), yaitu format video dan
animasi yang
digunakan untuk windows dan
berekstensi *.avi
b)
Motioon Picture Expert Group (MPEG), yaitu skema
kompresi dan
spesi kasi format le video digital.
c)
Shockwave, yaitu format dari Macromedia Flash yang
berekstensi
*.swf d) MiniDV dan Digital8 yaitu format le dari digital video
3.6 Animasi
Animasi adalah illusion of motion
yang dibuat dari gambar statis yang ditampilkan secara berurutan sehingga
terlihat bergerak dan hidup. Pergerakan animasi lebih mudah dimengerti daripada
objek atau gambar diam. Selain itu animasi lebih menarik dan mudah dimengerti
karena lebih komunikatif dalam menyampaikan suatu tujuan. Pada video atau lm, animasi
merancu pada teknik dimana setiap frame dalam lm dibuat secara terpisah. Frame
bisa dihasilkan dari komputer, dari fotogra atau dari gambar lukisan. Animasi
dibagi menjadi beberapa macam yaitu :
a)
Animasi Sel Sel animasi biasanya merupakan
lembaran-lembaran yangmada aplembentuk animasi tunggal. Masing-masing sel
merupakan bagian yang terpisah, misalnya antara obyek dengan latar belakangnya,
sehingga dapat saling bergerak mandiri. Misalnya seorang animator akannmembuat
animasi orang berjalan, maka langkah pertama dia akan menggambar latar
belakang, kemudian karakter yang akan berjalan di lembar berikutnya, kemudian
membuat lembaran yang berisi karakter ketika kaki diangkat, dan akhirnya
karakter ketika kaki dilangkahkan.
b)
Animasi Frame Animasi frame adalah bentuk animasi
paling sederha-na. Contohnya ketika membuat gambar-gambar yang berbeda-beda
gerakannya pada sebuah tepian buku kemudian buku dibuka dengan menggunakan
jempol secara cepat maka gambar akan kelihatan bergerak.
c)
Animasi Sprite Pada animasi sprite, gambar digerakkan
dengan latarbelakang yang diam. Sprite adalah bagian dari animasi yang bergerak
secara mandiri, seperti misalnya burung terbang, planet yang berotasi, bola
memantul, ataupun logo yang berputar.
d)
Animasi Path Animasi path adalah animasi dari obyek
yang berge-rak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan. Misalnya
dalam pembuatan animasi kereta api, persawat terbang, burung dan lain-lain yang
membutuhkan lintasan gerak tertentu. Pada kebanyakan animasi path dilakukan
juga efek looping yang membuat gerakan path terjadi secara terus menerus.
e)
Animasi Spline Spline adalah representasi matematis
dari kurva. Se-hingga gerakan objek tidak hanya mengikuti garis lurus melainkan
berbentuk kurva
f)
Animasi Vektor Animasi vektor menjadikan obyek bergerak
denganmemvariasikan ketiga parameter ujung pangkal, arah dan panjang
segmensegmen garis yang menentukan objek.
g)
Animasi Karakter Animasi karakter biasanya terdapat di
lm kartun. Semua bagian dalam lm kartun selalu bergerak bersamaan. Software
yang biasa digunakan adalah Maya Unlimited. Contoh lm kartun yang dibuat dengan
Maya Unlimited adalah Toy Story dan Monster Inc.
3.7
Multimedia pemetaan Berbasis Komputer
Saat ini tekhnologi komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai
sarana komputasi pengolahan kata, tetapi juga sebagai sarana informasi dalam
segala hal. Sajian pemetaan multimedia berbasis komputer dapat diartikan
sebagai tekhnologi yang mengoptimalkan peran komputer sebagai sarana untuk
mempermudah informasi suatu wilayah dengan mudah. Multimedia juga berfungsi
menampilkan dan merekayasa teks, gra k dan dalam sebuah tampilan yang
terintegrasi dan dapat digunakan sebagai media tekhnologi yang efektif untuk
sarana promosi suatu wilayah dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan
peta wisata digital ini.
3.8
Konsep Dasar Flash dan Animasi SWF
Animasi dapat ditambahkan ke dalam halaman web dalam bentuk
animasi GIF atau video embedded. Format yang paling populer untuk animasi web
adalah shockwave ash (SWF), biasanya di-generate menggunakan Macromedia Flash,
yang berupa animasi vektor. Animasi SWF memerlukan bandwidth yang lebih rendah
dibandingkan video dan format bitmap. Harga yang harus dibayar dengan bandwidth
yang lebih rendah ini adalah animasi vekor tidak sepenuhnya didukung atau dapat
ditampilkan dibandingkan dengan bitmap (perlu plug in khusus) Flash lebih dari
sekedar program animasi. Flash mendukung scripting language, yang disebut
Action Script, sehingga dimungkinkan untuk membuat animasi yang interaktif dan membuat
aplikasi web dengan userinterface berupa ash.
3.9
Timeline dan Stage
Animasi yang dibuat di Flash diorganisasikan dengan
timeline (representasi gra k yang terdiri dari kumpulan frame). Animasi dapat
dibuat pada single frame pada suatu waktu, dengan menambahkan key frames pada
timeline secara sekuensial. Stage adalah sub-window di mana frame dibuat dengan
menggambarkan objek. Objek dapat dibuat dengan menggunakan drawingtool (hampir
sama dengan Illustrator dan Corel), import dari aplikasi lain (BMP, JPG, PNG,
fasilitas auto-trac), animasi text (outline font). Layer dapat dipergunakan
untuk mengorganisasikan elemen frame (layer background, layer tanaman, layer
awan) Flash interface berisi vector drawing tool, host of palletes (colour
mixing, alignment, applying transformations, setting typographics options).
3.9.1 Symbol dan Tweening
Objek dapat disimpan pada library
dalam bentuk khusus, yang dinamakan symbol, sehingga dapat dipergunakan ulang.
Beberapa instance symbol dapat ditempatkan pada stage. Symbol dapat
ditransformasi (ukuran, orientasi). Tween motion dapat dibuat dengan beberapa
cara. Hasil tweening dapat dilihat pada timeline berupa tanda panah pada awal
dan akhir keyframe yang dipilih. Motion tweening adalah gerakan gambar terlebih
dahulu dengan membuat motion path. Shape tweening adalah dikenal dengan nama
morphing. Perubahan bentuk suatu objek menjadi bentuk baru. Tiga macam symbol
di dalam ash :
a.
Graphic symbol. Dipergunakan untuk motion tweening.
b.
Button symbol. Dipergunakan untuk membuat bagian interaktif.
c.
Movie clip symbol. Animasi yang dapat ditambahkan ke
dalam movieutama.
3.9.2 Actionscript
Action Script itu adalah bahasa
pemrograman action pada ash, jenis script yang dipakai serupa dengan bahasa
pemograman Java, oleh karena itu kebanyakan orang yang telah ahli Java atau
setidaknya kenal tidak akan kesulitan mengintegrasikan pada ash, untuk terciptanya
sebuah animasi dengan action yang sangat bermanfaat dalam Internet
Communication, yang lebih atraktif dan lebih e sien. Action script memadukan
animasi keyframing dengan bahasa pemrograman yang hasil dari perpaduan
keduanya, diantaranya dapat :
1. Menghemat
Ukuran le,
2.
Kolaborasi dengan Database.
3.10
Pengertian Peta
Peta merupakan alat utama di dalam ilmu geogra , selain
foto udara dan citra satelit. Melalui peta, seorang dapat mengamati kenampakan
permukaan bumi lebih luas dari batas pandang manusia. Menurut ICA
(International Cartographic Association), peta adalah suatu gambaran atau
representasi unsur-unsur ketampakan abstrak yang dipilih dari permukaan bumi,
yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa. Pada
umumnya, peta digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil atau skalakan.
Peta mulai ada dan digunakan manusia, sejak manusia melakukan penjelajahan dan
penelitian. Walaupun masih dalam bentuk yang sangat sederhana yaitu dalam
bentuk sketsa mengenai lokasi suatu tempat. Pada awal abad ke 2 (87 M 150 M),
Claudius Ptolomaeus mengemukakan mengenai pentingnya peta. Kumpulan dari peta
peta karya Claudius Ptolomaeus dibukukan dan diberi nama Atlas Ptolomaeus .
Ilmu yang membahas mengenai peta adalah kartogra . Sedangkan orang ahli membuat
peta disebut kartografer.
3.11
Struktur Navigasi
Struktur navigasi merupakan alat
bantu untuk merancang aliran aplikasi multimedia. Ada beberapa cara yang
digunakan dalam mendesain aliran aplikasi multimedia, diantaranya adalah
struktur linier, struktur hirarki, struktur jaringan dan struktur kombinasi
(Suyanto, 2004).
3.11.1
Struktur Linier
Struktur yang paling sederhana
dalam mendesain aliran aplikasi multimedia adalah struktur linier. Dalam
menampilkan aplikasi dapat maju (next) dan mundur (back), jika mouse di-klik
akan menampilkan isi informasi dari aplikasi multimedia tersebut dan bila
di-klik lagi akan muncul pada halaman berikutnya(Suyanto, 2004).

3.11.2
Struktur Hirarki
Struktur hirarki merupakan
struktur seperti tangga atau pohon, dimana masingmasing obyek menyediakan
sebuah menu pilihan yang memiliki lebih banyak menu degan banyak pilihan. Tidak
ada batas ukuran atau jumlah menu dan sub-menu yang dapat dimiliki dalam sebuah
struktur hirarki (Suyanto, 2004).

3.11.3
. Struktur Jaringan
Bentuk struktur jaringan
merupakan desain yang paling kompleks dengan banyak objek dalam setiap arah
pada setiap objek dalam aplikasi multimedia (Suyanto, 2004).

3.11.4
Struktur Kombinasi
Struktur kombinasi merupakan
struktur seperti tangga, pohon-pohon gabungan antara struktur linier dan menu,
dimana didalamnya tidak ada batas untuk menyediakan banyak pilihan dengan menu
utama dan sub menu yang ada (Suyanto, 2004).

3.12 Perangkat Lunak
3.12.1 Macromedia Flash Profesional 8
Macromedia Flash Profesional 8
merupakan software utama dalam pembuatan aplikasi peta pro l wisata Kabupaten
Karanganyar berbasis multimedia ini. Macromedia Flash mampu untuk mengolah
beberapa media ke dalam bentuk gra k, teks dan animasi dengan kelebihan
mengimport bitmap grak *.jpeg dapat mengimport audio baik dari wav maupun mp3
disimpan dalam *. a. Kelebihan lain adalah ketersediaan action script pada
panel yang mudah diterapkan pada animasi yang akan dibuat.

Keterangan :
1. Stage Utama Tempat meletakkan obyek animasi yang akan dibuat.
2.
Title bar Title bar merupakan baris yang menunjukkan
nama dokumenyang sedang diedit atau dibuka. Untuk dokumen baru title bar akan
memberi nama default yaitu untitled1.
3.
Menu bar Menu bar merupakan baris menu yang digunakan
untukmengakses perintah utama yang terdapat pada macromedia ash. Menu bar lebih
mangacu pada pengaturan dokumen yang akan digunakan seperti perintah save,
open, print, pengaturan layout.
4.
Timeline Control Timeline control terdiri dari
frame-frame yang menentukan waktu yang dibutuhkan animasi untuk melakukan
pergerakan atau perubahan. Melalui timeline control dapat menentukan selang
waktu yang dibutuhkan untuk melakukan sebuah animasi.
5.
Layer panel Layer panel yang berada pada macromedia ash
hampir mirip dengan layer panel yang ada pada photoshop yaitu berfungsi sebagai
tempat dari sekumpulan layer yang merupakan bagian dari animasi. Sehingga
memungkinkan untuk melakukan perubahan pada setiap objek yang berada pada layer
yang berbeda. Sehingga perubahan yang dilakukan tidak akan berpengaruh pada
objek yang berada pada layer lain.
6.
Tool bar Tool bar merupakan baris yang berisi kumpulan
tool ataualat yang digunakan untuk pembuatan objek dalam animasi ash. Adapun
beberapa tool yang berada pada tool bar adalah selection tool yang digunakan
untuk melakukan select atau pemilihan objek ash. Free transform tool yang dapat
digunakan untuk mengatur lebar dan panjang dari suatu objek ash. Gradient
transform tool digunakan untuk mengatur luas gradasi warna pada object. Oval
tool digunakan untuk menggambar objek berbentuk lonjong atau lingkaran.
Rectangle tool digunakan untuk menggambar objek berbentuk persegi empat.
7.
Text tool Text tool merupakan tool yang berada pada
tool bar yangdigunakan untuk membuat suatu teks dimana bisa mengatur properti
dari teks pada property panel.
8.
Action script library Action script library merupakan
kumpulan actionscript yang telah disediakan oleh macromedia ash untuk. Dokumen
yang telah memiliki action script juga dapat dilihat dari action script library
sehingga akan memudahkan untuk mencari letak dari script yang digunakan.
9.
Action script area Action script area merupakan tempat
dimana bisamengedit action script juga dapat mengambil action script yang sudah
disediakan oleh macromedia di action script library dan kemudian mengedit
script tersebut.
10.
Property panel Property panel merupakan tempat dimana
bisa mengatur properti dari setiap objek yang dibuat di macromedia ash.
Pengaturan warna dan berbagai properti dari objek yang dibuat dengan berbagai
tool bisa diatur melalui property panel.
11.
Library panel Library panel merupakan tempat dari semua
objekyang ada pada stage dokumen yang dibuat. Setiap komponen yang ada dalam
dokumen animasi ash bisa dicari dalam library panel.
3.12.2 Corel Draw X3
Corel Draw X3 adalaha software
yang digunakan untuk menggambar maupun meningkatakan kualitas teks yang
berbasis vektor di mana dapat dibuat desain gra s yang lebih baik, mudah,
praktis dan cepat. Corel Draw mempunyai keunggulan dalam mengelola gambar maka
sangat cocok untuk dikolaborasikan dengan Macromedia Flash

Keterangan :
1. Color Pallete Color palette merupakan alat yang digunakan untuk memberi
warna pada gambar, garis atau teks yang akan dibuat. Untuk memberi warna tubuh
dari gambar bisa dengan cara klik kiri pada warna yang diinginkan. Sedangkan
untuk memberi warna pada garis bisa dilakukan dengan cara klik kanan pada warna
yang diinginkan.
2.
Property Bar Merupakan baris yang berisi pengaturan
terhadap objekatau gambar yang kita dibuat melalui corel. Property bar akan
memudahkan untuk mengatur ukuran atau warna dari objek yang dibuat melalui tool
bar
3.
Tittle Bar Title bar merupakan baris yang menunjukkan
nama dokumen yang sedang diedit atau dibuka. Untuk dokumen baru title bar akan
memberi nama default yaitu graphic 1.
4.
Menu Bar Merupakan baris menu yang digunakan untuk
mengaksesperintah utama yang terdapat pada Corel X3. Menu bar lebih mangacu
pada pengaturan dokumen yang akan digunakan seperti perintah save, open, print,
pengaturan layout.
5.
Standart Bar Standart bar merupakan baris perintah yang
biasa digunakan pada dokumen corel. Adapun perintah yang biasa digunakan adalah
copy, paste, cut, open atau membuat dokumen baru.
6.
Ruller Ruller merupakan alat yang dapat membantu untuk
mengaturposisi dari gambar yang dibuat. Cara menggunakan ruler adalah dengan
mengklik dan tarik ruler menuju posisi yang diinginkan.
7.
Text Bar Text Bar merupakanbaris yang berisi pengaturan
terhadapobyek berupa teks yang dibuat melalui corel.
8.
Pick Tool Pick took adalah alat yang digunakan untuk
memilih gambaryang akan edit. Dengan menggunakan pick tool akan lebih mudah
memilih gambar mana yang akan diatur.
9.
Pen Tool Pen tool merupakan alat untuk menggambar garis
sesuaidengan yang diinginkan. Pada pembuatan peta digital ini pen tool banyak
digunakan untuk melakukan trace gambar yaitu menggambar dengan cara mengikuti
garis objek sehingga didapatkan gambar yang mirip dengan gambar aslinya
10.
Text Tool Text tool merupakan alat yang digunakan untuk
membuattulisan atau teks pada dokumen corel. Pengaturan format teks seperti
warna, ukuran, jenis font yang digunakan dapat dilakukan pada property bar.
3.12.3 Adobe Photoshop CS3
Adobe Photoshop CS3 merupakan
software standar untuk pengolahan gambar. Adobe Photoshop CS3 memberikan
lingkungan yang komperhensif bagi para desainer untuk membuat desain gra s yang
rumit. Adobe Photoshop CS3 digunakan untuk mengedit gambar agar sesuai dengan
ukuran yang ditentukan.

Keterangan:
1. Tittle bar Tittle bar merupakan baris yang menunjukkan nama dokumen yang
sedang diedit atau dibuka. Untuk dokumen baru title bar akan memberi nama
default yaitu untitled1.
2.
Menu bar Merupakan baris menu yang digunakan untuk
mengaksesperintah utama yang terdapat pada adobe photoshop. Menu bar lebih
mangacu pada pengaturan dokumen yang akan digunakan seperti perintah save,
open, print, pengaturan layout.
3.
Property bar Merupakan baris yang berisi pengaturan terhadap
objekatau gambar pada dokumen photoshop. Property bar akan memudahkan untuk
mengatur ukuran atau warna dari objek yang dibuat melalui tool bar.
4.
Tool bar Tool bar merupakan baris yang berisi dari
kumpulan toolyang dapat digunakan untuk mengedit atau membuat gambar yang ada
pada photoshop.
5.
Crop tool Crop tool digunakan untuk memotong gambar
sesuai denganukuran yang sudah ditentukan. Untuk mengatur ukuran resolusi
panjang dan lebar crop bisa diatur melalui property bar.
6.
Eraser tool Eraser tool digunakan untuk menghapus
bagian gambaryang tidak diperlukan sehingga didapatkan gambar yang maksimal.
7.
Fill tool Fiil tool digunakan untuk memberi warna pada
gambar yangdi pilih atau di select. Pemberian warna yang diberikan bisa sesuai
yang diinginkan
8.
Text tool Text tool digunakan untuk membuat teks.
Pengaturan properti teks seperti jenis font, ukuran atau warna bisa dilakukan
menggunakan property bar. Pengaturan juga bisa dilakukan menggunakan panel text
yang berada di sebelah kanan dari tampilan photoshop CS3.
9.
Panel History Panel history digunakan untuk merekam
jejak setiappengeditan gambar pada dokumen foto. Melalui panel history jika
ingin membatalkan perintah, karena di photoshop hanya bisa melakukan satu kali
perintah undo.
10.
Panel Brush Panel brush digunakan untuk melakukan
perubahanpada brush yang digunakan. Pengaturan yang bisa dilakukan seperti
rotasi dari brush, spasi antar brush, texture brush.
11.
Panel Text Panel text digunakan untuk mengatur properti
dari teksyang dipilih. Pengaturan properti yang bisa dilakukan adalah
pengaturan style, jenis font, ukuran font, warna.
Panel
Layer Panel layer merupakan kumpuluan dari layer yang merupakan bagian dari
dokumen photoshop. Layer kumpulan atau lapisan yang berfungsi sebagai penempatan
suatu objek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar